Katumbiri di Mayang Sunda dalam Rangka Milangkala Ke-6 PSMS

DISKOMINFO – PPID

BANDUNG – wartaekspres.com – Hujan deras kembali membasahi Kota Bandung pada Senin (31 Oktober 2018) malam, namun tidak membuat antusias penonton dan tamu undangan perayaan Milangkala (ulang tahun) ke-6 UPT Padepokan Seni Mayang Sunda (PSMS) yang berlangsung di Jalan Peta 209, Bandung menjadi surut. Tema Ulang Tahun PSMS ke 6 yaitu Katumbiri di Mayang Sunda (Pelangi di Mayang Sunda).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dra. Dewi Kaniasari, MA yang mewakili Walikota Bandung, menyambut baik semangat proyek perubahan untuk optimalisasi fungsi Gedung Padepokan Seni  dalam rangka pelestarian Seni Tradisional di Kota Bandung.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara yang telah dimulai dengan berbagai perlombaan, yakni Jaipong Tunggal 1-3 dan 4-6, Mewarnai, Rineka Seni, Musik Kolaborasi Etnik dan Senam Kreasi sejak tanggal 30 Oktober 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Unit Pelaksana Teknis PSMS, Drs. H. Yuyus Rusyana, M.MPd, mengemukakan, kegiatan Milad ini sepenuhnya dilaksanakan secara swadaya oleh Samada yaitu Sawala Mayang Sunda yang merupakan tempat berhimpunnya seluruh komunitas yang ada di Mayang Sunda.

Yaitu Lamda Art Production pimpinan Lala M. Dara, S.Sn, K282 Longser Bandung pimpinan Deden Bejo+Imam Hikmat, Pencak Silat Simpay Budi Kencana pimpinan Umi Iim Komalawati, Pencak Silat Panglipur Al-Munawaroh pimpinan David, Seni Pernafasan Budi Bawana pimpinan Riyadi, Pencak Silat Budhi Kancana Pusat pimpinan Aep (Abah Aep), Pencak Silat Sunda Palean pimpinan Tedja Kiansantang, Longser Sawarna pimpinan Sumarjo, Sandiwara Sanggar Victa pimpinan Yayat, Boxer Tarung Drajat pimpinan Yayan, TKI (Tukang Kendang Independen) pimpinan Asep Geblay, Sanggar Tari Allegra pimpinan Amelia Nuralita, Seni Tari Sambada Pasundan 9 pimpinan Dustam, S.Sn, Audiomotif pimpinan Babah Iwan Lonceng, Tari Mayang Sunda pimpinan Sari, Karisma, Pasundan 2 pimpinan Kharismiati,TS.

Acara diisi dengan penampilan dari Lamda Art  asuhan Lala M. Dara, Pencak Silat Panglipur Tarung Drajat/Boxer Simpay Budhi Kancana. Lalu penjelasan tentang fungsi Gedung PSMS oleh Bonie Nugraha. Dilanjutkan dengan pembagian hadiah Jaipong Tunggal 1-3 dan 4-6 dan Mewarnai, Rineka Seni, Musik Kolaborasi Etnik dan Senam Kreasi. Kemudian penampilan Sanggar Sembada Pasundan 9, Kaulinan Budak Lembur, Rampak Kendang dari Tukang Kendang Independen. (Edi.S)

 

Sumber : Warta Ekspres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *