Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik: Diskominfo Kota Bandung Terima Pemerintah Kabupaten Tanah Laut

Diskominfo – PPID

 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kamis (06/02/2020). Agenda kegiatan tersebut diterima dan dibuka oleh Asisten Perekenomian dan Pembangunan Kota Bandung H.Dodi Ridwansyah, S.Sos, M.Si, didampingi oleh Kepala Bidang Diseminasi dan Informasi Elly Harliani M.Si dan Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Yusuf Cahyadi S.H, M.H di Ruang Auditorium Rosada Jl. Wastukancana No. 02 Kota Bandung.

 

Pada kesempatan tersebut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut Drs. H. Dahnial Kifli, M.AP memberikan sambutan serta maksud dan tujuan pada agenda kegiatan kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terkait pembelajaran mengenai PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat) di Pemerintah Kota Bandung.

 

“Maksud kami atas kunjungan kerja ini yaitu diharap dapat meningkatkan  dan menambah wawasan dalam Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik terkait PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat) dari Pemerintah Kota Bandung untuk membangun daerah di Pemerintah Kabupaten Tanah Laut” ujarnya.

 

Kabid Diseminasi dan Informasi Eli Harliani, M.Si memberikan paparan mengenai PPID dari mulai Peraturan yang berkaitan dengan KIP dan PPID sampai dengan informasi mengenai Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang Dikecualikan serta berbagi informasi mengenai Pengelolaan Layanan Informasi Publik pada PPID Pembantu dan PPID Sub Pembantu.

 

Eli Harliani mengungkapkan, “Tahun 2019 PPID melakukan Inovasi  dalam rangka meningkatkan Pelayanan Publik serta penerapan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan meluncurkan Aplikasi E-Monev dalam rangka Monitoring dan Evaluasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung dalam kesempatan tersebut PPID Kota Bandung mendapatkan Penghargaan Piala Humas Jabar 2019 dengan Kategori Program Inovasi dengan adanya Aplikasi E-Monev Kota Bandung.”

 

Lalu dilanjutkan dengan Paparan mengenai LAPOR! Kota Bandung yang dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik Kota Bandung mengacu pada misi 2 Kota Bandung yaitu Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, Bersih dan Melayani. Serta adanya kegiatan shraing dan diskusi mengenai tata kelola Pengaduan Pelayanan Publik.

 

Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Yusuf Cahyadi memberikan tambahan informasi mengenai Daftar Informasi yang Dikecualikan dan sharing mengenai Permohonan Informasi Publik dari berbagai kategori Pemohon Informasi serta mengungkapkan Pemerintah Kota Bandung akan menerapkan pelayanan publik satu pintu yang disebut dengan Mal Pelayanan Publik yang akan di hadirkan dalam waktu dekat.

 

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menyatakan akan mengadakan desk layanan informasi dan tim PLID (Pengelola Layanan Informasi Publik) di tiap PPID Pembantu. Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama dan kunjungan ke Bandung Command Center. [DR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *