PPID Utama Kota Bandung Menggelar Workshop Keterbukaan Informasi Publik Bagi Sub PPID Pembantu Satuan Kerja Pendidikan

Diskominfo- PPID

 

PPID Kota Bandung menggelar acara Workshop Keterbukaan Informasi Publik bagi Sub PPID Pembantu (SD dan SMP Negeri) Tahun 2018 pada Rabu-Jumat (14-16/03) di Laut Biru Hotel, Kab Pangandaran.

 

 

Pada Workshop Keterbukaan Informasi Publik bagi Sub PPID Pembantu, hadir Kepala Bidang Diseminasi Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Dra. Eli Harliani, M.Si didampingi Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, Yusuf Cahyadi, SH memberikan pengarahan kepada para Guru peserta Workshop Keterbukaan Informasi Publik bagi Sub PPID Pembantu.

 

 

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Diseminasi Informasi menyampaikan pemerintah Kota Bandung berharap kegiatan ini menjadi sarana bertukar pikiran dan berbagi pengalaman, sehingga menambah ilmu pengetahuan, wawasan  dan keterampilan para peserta dalam menyikapi tuntutan keterbukaan informasi publik, dengan tujuan mencapai pemerintah yang terbuka atau open governance yang berkeadilan, akuntabel, baik dan bersih, sekaligus mewujudkan  pelayanan informasi prima, merupakan wujud demokratisasi pemerintahan yang dapat melahirkan kepercayaan publik, guna mendorong pemenuhan hak terhadap akses informasi publik tanpa melalui proses sengketa. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas, selain tentunya melaksanakan amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

 

 

Ia pun menambahkan berbagai ketentuan tentang infor-masi publik, dari mulai undang-undang hingga peraturan pemerintah yang direalisasikan dalam bentuk peraturan atau keputusan wali kota,  merupakan payung hukum bagi masyarakat untuk memperoleh haknya, sekaligus kewajiban badan publik seperti lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, serta lembaga-lembaga lain yang dibiayai apbd dan apbn,  termasuk di dalamnya sekolah, untuk menyediakan dan melayani permohonan informasi secara cepat, tepat, biaya ringan dan dengan cara yang sederhana, dengan kekecualian pada informasi yang bersifat ketat dan terbatas.

 

“fenomena ini harus disikapi oleh jajaran aparatur pemerintah kota bandung dengan melaksanakan tugas secara optimal, termasuk pengelolaan informasi terkait tupoksi agar mudah diakses oleh siapapun yang membutuhkan, sesuai komitmen untuk mewujudkan birokrasi pemerintah yang profesional.” Lanjutnya.

 

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yusuf Cahyadi, SH menjelaskan garis besar dari tujuan kegiatan Workshop Keterbukaan Informasi Publik bagi Sub PPID Pembantu ini yaitu melihat perkembangan pelayanan para petugas PPID di Sekolah dan memberikan bekal pembentukan Daftar Informasi Publik yang ada di sekolah. Selain itu, memetakan penerapan undang-undang keterbukaan informasi publik di Sub PPID Pembantu Satker Pendidikan (SMP) dan (SD) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

 

 

“PPID Kota Bandung sangat mengapresiasi pada Sub PPID Pembantu Satker Pendidikan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Workshop Keterbukaan Informasi Publik ini. Hal ini dapat dijadikan indikasi yang baik bahwa kegiatan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai keterbukaan informasi publik di sekolah”. ujarnya.

 

PPID Kota Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *