Logo
PPID KOTA BANDUNG
BERANDA

PROFILE

REGULASI

INFORMASI PUBLIK

DAFTAR INFORMASI PUBLIK

PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
AGENDA PIMPINAN

KUNJUNGAN

Dorong Efektivitas Layanan Aduan Publik Berbasis Digital
PPID Kota Bandung
2025-10-23 12:28:16

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima kunjungan tim pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) di Gedung Bandung Command Center (BCC).

SP4N-LAPOR! merupakan platform nasional yang memungkinkan masyarakat menyampaikan aspirasi, pengaduan, maupun permintaan informasi secara online.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pemeriksaan kinerja atas efektivitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR!), yang berfokus pada bagaimana sistem tersebut mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Bandung.

Pemkot Bandung berupaya mewujudkan layanan publik yang transparan, partisipatif, dan responsif. Sejalan dengan semangat pemerintahan terbuka (open government).

Melalui kegiatan pemeriksaan ini, BPK-RI dan Pemerintah Kota Bandung menegaskan pentingnya optimalisasi SP4N-LAPOR! agar dapat menjadi kanal pengaduan publik yang semakin efektif dan berdaya guna.

Dengan kolaborasi antara pusat dan daerah, diharapkan sistem pengaduan publik Kota Bandung dapat menjadi contoh praktik terbaik bagi kota-kota lain dalam mewujudkan pelayanan publik yang cepat, terbuka, dan terpercaya. (Alf.*)