Logo
PPID KOTA BANDUNG
BERANDA

PROFILE

REGULASI

INFORMASI PUBLIK

DAFTAR INFORMASI PUBLIK

PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
AGENDA PIMPINAN

KUNJUNGAN

Kunjungan Komisi 1 DPRD Kota Palopo ke Diskominfo Kota Bandung
adminwebppidportal
17 Nov 2023, 14:07

Jum’at (17/11/2023), Sub Koordinator Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, Yusuf Cahyadi, SH., MH menerima Kunjungan Komisi 1 DPRD Kota Palopo ke Diskominfo Kota Bandung.

Tujuan kedatangan Komisi 1 DPRD Kota Palopo yaitu ingin mengetahui Program dan Kebijakan Diskominfo Kota Bandung, khususnya terkait Pengelolaan Humas dan Penerapan Keterbukaan Informasi di PPID kota Bandung.

Sub Koordinator Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, Yusuf Cahyadi, SH., MH menyampaikan saat ini di wilayah Kota Bandung telah terdapat 77 PPID Pembantu yang terdiri dari OPD, baik dinas, badan, bagian, kecamatan, BLUD, dan BUMD, serta 349 PPID Sub Pembantu Satker Pendidikan dari tingkat SMP Negeri hingga SD Negeri di Kota Bandung.

"Permohonan Informasi saat ini dilakukan secara digital dan satu pintu melalui Aplikasi Permohonan Informasi Publik (SIMONIK). Ketika ada permohonan informasi, PPID Utama selalu melakukan koordinasi dengan PPID Pembantu," tambahnya.

Yusuf Cahyadi menjelaskan Setiap 2 tahun sekali PPID Utama Kota Bandung juga melaksanakan monitoring dan evaluasi (E-Monev) Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) kepada PPID Pembantu dan Sub Pembantu Satker Pendidikan di Wilayah Kota Bandung.

"E-monev dilakukan untuk memotivasi dan mengetahui hambatan yang dialami PPID Pembantu dan Sub Pembantu Satker Pendidikan dalam menerapkan UU KIP," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Subkoor Penguatan Keterbukaan Informasi Publik juga memaparkan terkait pengelolaan media sosial Humas Bandung yang bertujuan untuk melakukan branding Kota Bandung. (ziz)